Pembelian rumah pertama adalah satu keputusan terpenting yang harus dibuat. Tidak mengherankan bila pembelian rumah pertama biasanya memakan cukup banyak energi dan waktu. Pilihan yang tepat dapat memudahkan kehidupan berumah tanggga, sedangkan pilihan yang kurang tepat akan memaksa anda untuk pindah secara prematur. Kami dari Kenjeran Indah selalu memnginginkan yang terbaik untuk anda semua, ijinkan kami berbagi secuil pengalaman yang telah kami himpun berikut ini.

Akses Mudah ke Fasilitas Umum
Lokasi merupakan faktor paling penting ketika kita membeli rumah. Semua orang akan melihat lokasi sebagai hal yang utama dalam membeli rumah, baik untuk ditinggali maupun untuk kepentingan investasi. Pilihlan rumah dengan lokasi yang baik dan memiliki potensi di masa depan, jangan asal pilih rumah murah namun secara akses tidak mungkin berkembang lagi di masa mendatang.

Developer yang Bisa Dipercaya
Sebelum memutuskan untuk membeli rumah pertama, harus dicermati siapa pengembangnya. Track recordnya perlu dicek, bahkan dicari apakah ada kasus-kasus atau masalah terkait pengembang bersangkutan. Bagaimana ketepatan jadwal serah terimanya, bagaimana kecepatan menangani pembayaran dan pemberian tanda terima, bagaimana progress pembangunan yang dilakukan, dan juga kualitas proyek-proyek yang sebelumnya. Developer yang baik akan membuat anda merasa aman dan tentram, developer yang bermasalah akan memakan waktu dan energi anda.

Kredit Sesuai Penghasilan
Sistem KPR sudah didesain sedemikian rupa sehingga penyaluran kredit dapat tepat sasaran. Namun tidak sedikit orang yang memanfaatkan sistem KPR ini dengan hutang berlebihan dari apa yang bisa dibayar. Ada baiknya anda jujur dan apa adanya terhadap pihak Bank yang akan memberikan anda pinjaman untuk pembelian rumah. Hutang KPR sifatnya jangka panjang oleh sebab itu perlu dihitung baik-baik, tidak boleh asal nekad. Menyesuaikan kemampuan bayar dan jumlah hutang akan menolong anda untuk hidup lebih nyaman di masa depan. Bayarlah Uang Muka sebesar mungkin sehingga jumlah hutang anda akan mengecil.

Lingkungan Sosial Ekonomi
Pilihlah rumah dengan lingkungan penghuni pada umumnya memiliki strata sosial ekonomi sama dengan anda, atau sedikit dibawah anda. Membeli rumah di lingkungan sosial kelas ekonomi yang lebih tinggi dari anda bisa menghadirkan kesan bahwa anda yang paling “tidak punya” dibandingkan tetangga, dan akan membuat anda terjebak untuk menjadi sama dengan tetangga, dari memiliki jenis mobil yang sama, perabot dengan merk sama atau lebih bagus, menyekolahkan anak di sekolah yang biayanya jauh dari kemampuan, dan lain sebagainya. Lingkungan tinggal yang tepat akan membuat keputusan-keputusan finansial anda lebih bijak.