Belanja online kini tengah populer karena alasan kemudahan dan kecepatan. Berbelanja kebutuhan rumah kini dapat dilakukan dalam sebuah ponsel atau layar komputer tanpa perlu keluar rumah dan membawa uang cash dalam jumlah besar. Walaupun menawarkan kemudahan dibandingkan berbelanja secara konvensional, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar tidak rugi dan terkena masalah saat berbelanja online. Simak tips berikut dari Kenjeran Indah, sebelum berbelanja aksesori rumah secara online.

Pilih Toko Online dengan Reputasi Baik
Boomingnya proses jual beli secara online memiliki sisi negatif yaitu semakin mudah pula penipuan dilakukan. Memilih toko atau situs online dengan reputasi yang baik dan terpercaya adalah langkah awal yang bijak untuk mencegah anda menjadi korban penipuan.

Buat Daftar Kebutuhan Barang
Modal utama dalam bisnis online adalah gambar atau foto, maka tidak heran jika toko online berlomba-lomba memberikan kualitas foto yang prima di situsnya. Bagi anda yang mudah terpancing untuk gelap mata, sebaiknya anda membuat daftar list kebutuhan sebelum berbelanja. Daftar kebutuhan barang ini akan membantu anda untuk tidak berlebihan dalam berbelanja. Anda harus benar-benar tahu apa yang anda butuhkan berserta detailnya. Detail yang dimaksud adalah ukuran, warna, bahan, dan lain sebagainya. Mengetahui detail barang akan sangat membantu anda untuk dapat membandingkan harga dari satu toko online dan toko online lainnya.

Tema Desain Interior
Harmonisasikan aksesori rumah yang akan Anda beli dengan tema desain interior rumah anda. Jangan membeli produk yang bagus secara visual dan secara kualitas tapi setelah anda beli ternyata tidak nyambung atau bertabrakan dengan konsep rumah anda. Untuk rumah dengan gaya modern, maka pilihlah produk dengan desain yang simple dan elegan. Salah membeli banyak barang dengan gaya desain yang bervariasi, akan membuat rumah anda terlihat kacau dan terkesan berantakan.

Pengiriman dan Pemasangan
Terutama untuk barang-barang yang rentan rusak, anda harus cermat terhadap kebijakan pengiriman dan pemasangan. Ada toko online yang mau menanggung resiko pengiriman, ada yang tidak dan menyerahkan tanggung jawab kerusakan barang pada pihak ketiga yang biasanya adalah asuransi. Selain itu jika toko online tersebut adalah perusahaan nasional, dan memiliki armada pengiriman dan pemasangan sendiri, cermati hak dan kewajiban anda sebagai pembeli, misal ada atau tidaknya biaya tambahan untuk pemasangan.